PROPOSAL Perencanaan Bisnis
Nama :Lisnawati
Npm :54421223
Kelas : 2DF02
FRIED BREAD

DAFTAR ISI
RINGKASAN EKSEKUTIF ……………………………………………………………………..3
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Perusahaan ………………………………………………………………..4
1.2 Visi & Misi………………………………………………………………………………………….4
1.3 Motto perusahaan……………………………………………………………………………..5
1.4 Data Perusahaan………………………………………………………………………………..5
BAB II ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produk/jasa Yang Dihasilkan…………………………………………………………………8
2.2 Bauran Pemasaran/Analisis 4P……………………………………………………………..8
2.3 Target Dan Segmentasi Pasar………………………………………………………………..9
2.4 Strategi Pemasaran……………………………………………………………………………….9
2.5 SWOT…………………………………………………………………………………………………..10
2.6 TOWS………………………………………………………………………………….10
BAB III ANALISIS PRODUKSI
3.2 Proses Produksi……………………………………………………………………………………13
3.3 Kapasitas Produksi…………………………………………………………………..13
BAB IV ANALISI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
4.1 Analisis Kompetensi SDM…………………………………………………………………….14
BAB V ANALISI KEUANGAN
RINGKASAN EKSEKUTIF
Persusahaan bernama FRIED BREAD FOOD,merupakan produk yang kami miliki.FRIED BREAD FOOD adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang kuliner atau makanan ringan,dan produk kami adalah makanan yang cepat saji yang istimewa,inofatif dan unik.Bahan yang utama yang kami gunakan adalah roti goreng keju dan cokelat.
v Hidangan cepat saji yang lezat dan bergizi.
v Harga relative terjangkau oleh semua kalangan.
v Memiliki variasi rasa (coklat,,keju).
v Dapat diterima oleh semua kalangan.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Perusahaan
Kami dari perusahaan makanan Fried Bread (Roti Goreng) yang bergerak di bidang kuliner yang menyajikan makanan dengan bahan dasar roti dengan rasa yang beraneka rasa yaitu (Coklat,Keju)
Kami memilih makanan ini karena buah pisang mudah di temukan dan sekaligus turut serta untuk meramaikan aneka,dan masyarakat Indonesia yang relatif menyukai makanan ringan,kami pun ingin membuat sesuatu yang berbeda dengan kompetiter lainnya dengan variasi makanan yang berbeda.
Kami berusaha menyajikan makanan ringan yang sehat serta layak di konsumsi. Kami mengharapkan masyarakat merasakan manfaat dari menkonsumsi makanan Fried Bread kami.
1.2 Visi & Misi
Visi
Menjadikan makanan pisang menjadi lebih dikenal dan menjadi pilihan utama sebagai makanan ringan bagi masyarakat Indonesia.
Misi
1. Berorientasi kepada kepuasan konsumen.
2. Membuat aneka makanan pisang dengan berbagai rasa.
3. Memperkenalkan kepada masyarakat bahwa buah pisang bisa menjadi makanan ringan.
1.3 Motto Perusahaan
KUALITAS EROPA HARGA MAHASISWA
BAB ll
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produk/Jasa yang di hasilkan
Keistimewaan banana baknis ini diantaranya :
v Hidangan cepat saji yang lezat dan bergizi.
v Harga relative terjangkau oleh semua kalangan.
v Memiliki variasi rasa (coklat,strawberry,keju).
v Dapat diterima oleh semua kalangan.
2.2 Bauran Pemasaran/Analisi 4P
1. Product
· Type : Bread
· Brand : Fried BREAD
· Quality : Tanpa bahan pengawet
· Packing : Menggunakan mika sebagai pengemas produk
2. Price
· Price List : Rp. 2000 (untuk satu rasa)
3. Promotion
· Advertising : Menggunakan media jejaring social
· Sales promotion : Mempromosikan penjualan kepada pelanggan
· Personal Selling : Berkeliling dan menjual secara langsung kepada pelanggan
4. Place
· Berlokasi di wilayah kampus ,dan dipinggir jalan
2.3 Target Dan Segmentasi Pasar
§ Geografi
1. Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Kalimalang, alasan kita memilih Kalimalang karena bahan-bahan untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan dikota ini.
2. Kami melihat banyaknya peluang bisnis pada makanan yang siap saji, sehingga kami memanfaatkan peluang ini.
§ Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan mahasiswa, dosen dan lingkungan sekitar kampus J Universitas Gunadarma untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
2.4 Strategi Pemasaran
Ø Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan ringan yang lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau. Produk ini bernama “FRIED BREAD” yaitu pisang pilihan yang sehat untuk dikonsumsi. Banana baknis ini mempunyai varian rasa yaitu cokelat, strawberry dan keju.
Ø Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk banana baknis ini yang berbahan baku seperti pisang, mentega, cokelat, keju dan strawberry. Oleh karena itu kami berniat bekerja sama kepada perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk kami demi meningkatkan kualitas produk kami.
Ø Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan.
Produk kami kali ini yang pertama : fried bread dengan dilapisi cokelat maupun keju kedepannya kami ingin berinovasi untuk membuat fried bread Meningkatkan kualitas pelayanan
Ø Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui jejaring social.
2.5 SWOT
A. STRENGTH (KEKUATAN)
· Bahan bakunya mudah ditemukan
· Memiliki rasa khas tersendiri
· Harga terjangkau
B. WEAKNESSES (KELEMAHAN)
· Tidak tahan lama dan mudah basi
· Modal usaha yang kecil
C. OPPORTUNITIES (PELUANG)
· Minat akan makanan ringan tinggi
· Makanan ringan yang kaya akan vitamin
D. THREATS (ANCAMAN)
· Banyak makanan dengan variasi yang lain
· Ada jenis makanan yang sama
· Harga produk competitor bersaing
· Selera konsumen variatif
2.6 TOWS
A. SO
· Memperbanyak tingkat produksi
· Memproduksi banana baknis dengan rasa baru
· Tetap menjaga kualitas rasa dari produk
B. WO
· Memproduksi banana baknis dalam skala kecil apabila ada pemesanan kita akan menambah jumlah produksi
C. ST
· Memahami selera konsumen
· Memperkuat cita rasa produk
· Menambah variasi baru produk
D. WT
· Packing yang lebih menarik
· Menambah modal usaha dengan pinjaman
· Mencari investor untuk bergabung
BAB III
ANALISIS PRODUKSI
1.2 Proses produksi
|

![]() | |
![]() | |
![]() |

1.3 kapasitas Produksi
1. kapasitas produksi rata-rata perbulan | 500/1 varian/bulan |
2. target kapasotas produksi perbulan | 500/1 varian/bulan |
BAB IV
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA
4.1 Analisis Kompetensi SDM
Tingkat Pendidikan | Jumlah |
SD | |
SMP | |
SMA/SMK | 6 |
D3/SARJANA | |
Bagian/departemen | Jumlah |
Manajemen | 2 |
Produksi | 2 |
Pemasaran | 1 |
Keuangan | 1 |
keunggulan dan Kopetensi SDM
· Ceo (Direktur Utama)
Mengontrol, memonitor semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
· General Manager
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
· Finansial Manager
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi masalah keuangan.
· Production Manager
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan yang akan diperjual belikan.
· Marketing Manager
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media.
4.2 Rencana kebutuhan pengembangan SDM
Dengan jumlah pegawai atau karyawan kami rasa sudah cukup, tapi apabila produksi kami meningkat kami rasa kami akan menambah jumlah SDM.
BAB V
ANALISIS KEUANGAN
5.1 Modal Usaha
10) RINCIAN BIAYA :
1. Biaya Pemasaran (promosi)
· Pulsa SMS = Rp -
2. Biaya Modal Awal
· Pembelian ½ kg dada ayam = Rp 14.000
· Pembelian ¼ kg telur = Rp 4.000
· Pembelian roti = Rp 5.500
· Pembelian tepung roti = Rp 5.000
· Pembelian ¼ kg minyak goreng = Rp 3.000
· Pembelian saus sambal sachet = Rp 5.000
· Pembelian plastik ½ kg = Rp 3.500
· Pembelian kentang ½ kg = Rp 3.000
· Pembelian wortel = Rp 1.000
· Pembelian masako = Rp 1.000 +
Rp 45.000
3. Biaya Operasional
· Pembelian ½ kg dada ayam = Rp 14.000
· Pembelian 2 butir telur = Rp 2.000
· Pembelian roti = Rp 27.500
· Pembelian ½ kg minyak goreng = Rp 6.000
· Pembelian saus sambal sachet = Rp 5.000 +
Rp 59.000
Rekapitulasi Biaya
1. Biaya promosi Rp -
2. Biaya modal awal Rp 45.000
3. Biaya operasional Rp 59.000 +
Total pengeluaran Rp 104.000
Perhitungan Pendapatan (Cash Inflow) ROTI GORENG “ BELIA ”
Perhitungan Pendapatan | Total |
Pendapatan per hari: 10 roti x Rp 5.000,00 *ket: 1 roti = Rp 5.000,00 | Rp 50.000,00 |
Pendapatan keseluruhan 6 hari *ket: operasional 6 x penjualan | Rp 255.000,00 |
Maka PayBack Period (PBP) = Pendapatan keseluruhan - Total pengeluaran
Jumlah penjualan
= Rp 255.000,00 – Rp 104.000,00
= Rp 2.500,00
Jika Asumsinya
Pendapatan kotor yang diterima dari setiap mahasiswa Rp 2.500,00
Maka jumlah pelanggan yang dibutuhkan untuk mencapai Break Event Point:
Ket.
Break Event Point (jika pendapatan sama dengan modal) Rp 45.000,00
Rata-rata pembelanjaan Mahasiswa Rp 4.500,00/ per orang
Maka BEP pelanggan = Rp 45.000,00 = 10 orang per hari
Rp 4.500,00/orang
Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
BalasHapushingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
profit,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : fbs2009