Bisnis Komunikasi
Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan
untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu
gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk
menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Komunikasi Bisnis meliputi
pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi
yang internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi,
rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang
terdapat di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll.
Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan,
humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll. Bagaimanapun
bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan
suatu nilai bisnis (create business value).
Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau
informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam
struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan
hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar
pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu
perbuatan atau kegiatan.
Apa Itu Bisnis ??
Kata bisnis sering terdengar dalam keseharian kita. Seperti yang saya dengar ketika bertemu dengan seorang kawan yang sudah lama tidak berjumpa. Lazimnya kita pasti berbasa-basi menanyakan kabar dan kondisinya sekarang. Utamanya atau ujung-ujungnya pasti kondisi “keuangannya”, meskipun tidak secara langsung. Begitu pula yang saya lakukan dengan mengikuti tata pergaulan yang berlaku umum saat ini. Kawan saya-pun menjawab bahwa saat ini Ia sudah tidak bekerja lagi tapi sedang merintis bisnis pulsa dan “one stop payment”.
Bisnis berasal dari bahasa Inggris business, mengembangkan kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.Jadi bisnis bisa diartikan menjadi suatu kesibukan atau aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan atau nilai tambah. Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Kata bisnis sering terdengar dalam keseharian kita. Seperti yang saya dengar ketika bertemu dengan seorang kawan yang sudah lama tidak berjumpa. Lazimnya kita pasti berbasa-basi menanyakan kabar dan kondisinya sekarang. Utamanya atau ujung-ujungnya pasti kondisi “keuangannya”, meskipun tidak secara langsung. Begitu pula yang saya lakukan dengan mengikuti tata pergaulan yang berlaku umum saat ini. Kawan saya-pun menjawab bahwa saat ini Ia sudah tidak bekerja lagi tapi sedang merintis bisnis pulsa dan “one stop payment”.
Bisnis berasal dari bahasa Inggris business, mengembangkan kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.Jadi bisnis bisa diartikan menjadi suatu kesibukan atau aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan atau nilai tambah. Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Definisi Bisnis Menurut Para Ahli :
1.
Musselman dan Jackson ( 1992 )
mereka mengartikan bahwa bisnis adalah suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan
dan keinginan ekonomis masyarakat,perusahaan yang diorganisasikan untuk
terlibat dalam aktivitas tersebut.
2.
Hughes dan Kapoor Beliau mengartikan
bisnis adalah aktifitas melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan
untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba
apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari
total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik
utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba pelaku bisnis
dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.
Oleh karena itu dapat dikatakan
bahwa bisnis mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- Merupakan kegiatan individu atau kelompok.
- Terorganisasi (adanya manajemen).
- Memproduksi barang atau jasa.
- Menciptakan nilai.
- Produksi dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
- Melakukan transaksi atau pertukaran
- Mendapatkan laba (keuntungan) dari kegiatannya.
Kata atau istilah “komunikasi”
(Bahasa Inggris “communication”) berasal dari Bahasa Latin “communicatus” yang
berarti “berbagi” atau “menjadi milik bersama”.Dengan demikian, kata
komunikasi menurut kamus bahasa mengacu pada suatu upaya yang bertujuan untuk
mencapai kebersamaan.
Menurut Webster New Collogiate
Dictionary dijelaskan bahwa komunikasi adalah “suatu proses pertukaran
informasi di antara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau
tingkah laku”.
Sumber
: http://biskomunikasi.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar